Siap Masuki Dunia Kerja, Siswa SMKN 1 Plosoklaten PKL di CV. Molly Jaya Indonesia

Siswa SMKN 1 Plosoklaten jurusan Agribisnis Perikanan Air Tawar (APAT) resmi mengikuti Praktik Kerja Lapangan (PKL) di CV. Molly Jaya Indonesia. Siswa siswi tersebut antara lain Amel, Devia, Imel, Amir dan Reyvan. Kegiatan Siswa PKL SMKN1 PLOSOKALTEN yang berlangsung selama 5 bulan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman langsung kepada siswa siswi, sehingga mereka dapat menerapkan ilmu yang telah didapatkan di sekolah dalam bidang perikanan khususnya ikan hias air tawar, serta meningkatkan keterampilan dan kesiapan untuk memasuki dunia usaha dan kerja setelah lulus nanti.
Apa Saja Kegiatan PKL yang Dilakukan di MJI Farm?
Kegiatan PKL yang dilakukan yaitu teknik pembesaran, perawatan, pengemasan, serta pemasaran ikan hias melalui media sosial didampingi oleh tim CV. Molly jaya Indonesia. Selain terjun langsung dalam proses pembudidayaan ikan hias, para siswa juga mendapat ilmu baru yaitu keterampilan untuk memasarkan ikan hias, membuat konten seputar edukasi perikanan dan berkomunikasi dengan konsumen melalui live TikTok maupun interaksi di kolom komentar seluruh media sosial mollyjaya.id.
Selama siswa PKL melakukan seluruh kegiatan operasional di farm, mereka diberi kebebasan untuk memberi masukan terkait proses budidaya, perawatan ikan hias, hingga pemasaran. Sehingga siswa PKL bisa mempraktikkan teori yang telah dipelajari.
Menyelami Dunia Ikan Cupang
Pengalaman yang didapat saat perawatan ikan cupang antara lain perawatan ikan cupang di area kolam terpal dan pembotolan ikan cupang. Kegiatan yang rutin dilakukan adalah membersihkan area pembotolan ikan cupang dengan menyapu area tersebut kemudian mengganti air botol ikan cupang serta pemberian pakan menggunakan cacing sutra. Hal ini wajib dilakukan agar kesehatan dan kualitas ikan terjaga.
Teknik pemberian pakan di CV. Molly jaya Indonesia menggunakan botol bekas air mineral berukuran 1,5 liter dengan tutup botol yang sudah dilubangi. Lalu botol diisi air sekitar 1,3 liter dan cacing sutra.
Pemberian obat menggunakan dosis 3 tutup obat biru dan garam ikan ¾ timba cat seberat 5 kg yang dicampur airsebanyak 33 liter, kemudian diberikan pada ikan cupang secara merata.
Pembersihan kolam terpal diawali dengan menguras bersih air kolam, mulai dari menyikat kolam sampai mengisi air kolam dengan air besih. Perawatan untuk kolam terpal dilakukan 1 minggu sekali sedangkan kolam beton dilakukan tiap 2 minggu sekali.

Serunya Panen Ikan Glofish dan Merawat Ikan Koi
Aktivitas yang dilakukan oleh Siswa PKL SMKN1 PLOSOKALTEN tidak hanya di area farm, namun juga di kolam tanah tempat pembesaran ikan glofish yang letaknya sekitar 1 km dari farm. Terdapat 2 jenis kolam yang digunakan untuk pembesaran, yaitu kolam semi beton untuk ikan koi dan kolam tanah untuk ikan glofish. Pemberian obat juga dilakukan pada kolam sawah, yaitu menggunakan obat kutu killer yang dicampur dengan pakan dan air. Pemberian obat hanya diberikan saat di perlukan saja.
Pemberian pakan untuk ikan koi menggunakan pelet dengan takaran 1 kg diberikan setiap hari pada pagi dan sore hari, sedangkan untuk ikan glofish, pemberian pakan pada benih menggunakan PF 0, dengan takaran 1 ons dan untuk ikan glofish berusia 3 bulan menggunakan pakan PF 500 dengan takaran 4 ons.

Pengelolaan Media Sosial di MJI Farm
Selain merawat ikan hias, siswa PKL juga diajarkan untuk mengelola media sosial. Setiap pagi siswa PKL melakukan live TikTok, yang bertujuan untuk berinteraksi secara langsung dengan audiens mengenai kegiatan yang dilakukan oleh Tim Molly Jaya Indonesia. Pengelolaan media sosial juga meliputi menjawab pertanyaan audiens seputar tips perawatan dan pemesanan ikan hias yang tersedia di website mollyjaya.id.
Terkait pengelolaan media sosial, Siswa PKL SMKN1 PLOSOKALTEN juga membuat perencanaan konten yang nantinya diunggah di media sosial Molly Jaya Indonesia. Dalam pembuatan perencanaan konten, siswa PKL diharuskan untuk menganalisa topik apa yang sedang hangat dan dibutuhkan oleh audiens.
Setelah menemukan topik/tema, siswa PKL menyusun table plan konten yang menarik dan kreatif. Kegiatan ini memberikan pengalaman praktis dalam pemasaran digital dan manajemen media sosial. Siswa siswi PKL sangat antusias untuk terus belajar dan berkontribusi selama PKL ini.

Kesimpulan
Dengan adanya program Praktik Kerja Lapangan (PKL), siswa SMKN 1 Plosoklaten mendapatkan banyak ilmu dan keterampilan seputar budidaya hingga pemasaran ikan hias yang tidak didapatkan di bangku sekolah. Para siswa juga mendapatkan kebebasan untuk menerapkan teori yang didapat di sekolah untuk membantu menyelesaikan permasalahan yang ada di CV. Molly jaya Indonesia. Sehingga ada masukan yang didapatkan oleh CV. Molly Jaya Indonesia dari siswa selama kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) berlangsung.
Saya sangat tertarik untuk magang di Molly jaya Indonesia. Apa saja syarat yang di perlukan dan bagai mana cara mendaftarkannya